Rencanakan liburan akhir tahunmu ke 9 Pantai di Selatan Yogyakarta Ini

Image result for pantai kidul jogja

Jika selama ini kamu liburan ke Kota Yogyakarta hanya berkutat di pusat kota saja maka kamu bisa mencoba sesuatu yang baru dengan menggeser destinasi tujuan kamu selama di Yogyakarta ke arah selatan. Apalagi saat musim libur akhir tahun, bisa dipastikan Yogyakarta akan kebanjiran pengunjung untuk berlibur. Siapkan rencana liburan kamu bersama sahabat dan keluarga ke pantai-pantai di Kabupaten Bantul ini. Memang jumlah pantai yang ada di kawasan selatan Yogyakarta ini tak sebanyak pantai yang ada di kawasana Gunungkdiul, tapi tentu saja jarak tempuh yang lebih dekat membuat pantai-pantai di Kabupaten Bantul jadi alternaif para wisatawan. Apalagi aksesnya yang mudah membuat pantai-pantai di Bantul ini bakal diserbu oleh wisatawan luar kota.

Baca juga: 7 Destinasi Wisata di Malang Yang Antimainstream

Mulai rencanakan liburan kamu dengan melihat daftar pantai-pantai di Kabupaten Bantul ini agar nantinya kamu bisa dengan cermat merencanakan kegiatan wisata ke pantai yang dekat dengan Kota Jogja.

Pantai parangtritis

Membicarakan kota Yogyakarta sudah pasti akan mencatut Parangtritis sebagai bagian dari budaya kraton dan daya tariknya akan mitos Ratu Pantai Selatan. Itulah yang membuat Pantai Parangtritis menjadi pantai paling populer di Yogyakarta. Aksesnya pun cukup mudah karena ada angkutan umum yang sampai ke pantai ini dari pusat kota. Bisa dipastikan musim liburan pantai ini akan ramai dikunjungi oleh wisatawan karena memang fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari penginapan, restoran, bendi, naik kuda, hingga menelusuri garis pantai yang cukup panjang adalah kegiatan yang menarik di pantai ini. Jangan lewatkan juga suasana sunset yang istimewa di Pantai Parangtritis sebagai penutup liburan kamu di selatan Kota Jogja yang romantis ini.

Baca juga: 11.Destinasi Wisata Menakjubkan Di Palangkaraya

Pantai Parangkusumo

Meski letaknya yang bersebelahan dengan Pantai Parangtritis tapi Pantai Parangkusumo dikenal sebagai pantai yang dipergunakan untuk acara-acara sakral. Ada banyak acara ritual tradisi jawa dan mistis yang dilakukan di pantai ini. Meski begitu para wisatawan yang ingin menikmati suasana pantai yang lebih sepi memang menunjuk Pantai Parangkusumo sebagai pilihan meski terkadang sering menemukan taburan bunga-bunga di bibir pantai bekas orang-orang melakukan ritual. Di pantai ini terdapat sebuah bangunan yang dinamakan sebagai Cepuri, dua buah batu yang konon tempat bertemunya Panembahan Senopati sebelum mendirikan Kerajaan Mataram dengan Ratu Pantai Selatan. Jangan lewatkan jalan-jalan sore ke padang pasir luas yang ada di pantai Parangkusumo ini.

Baca juga: 7 Destinasi Wisata di Malang Yang Antimainstream

Pantai Kuwaru

Pantai Kuwaru berada di Desa Poncosari, Kecamatan Srkamukan dan saat ini menjadi salah satu destinasi wisata pantai di selatan Yogyakarta yang ramai di saat liburan atau akhir pekan. Pohon cemara yang tumbuh di sekitar pantai membuat suasana pantai terkesan teduh dan santai sambil menikmati es kelapa muda. Sudah banyak restoran di tempat ini sehingga kamu tak perlu kebingungan saat lapar menerjang. Selain menikmati suasana di bibir pantai, ada beragam wahana lain yang disiapkan oleh pengelola untuk membuat para wisatawan betah berlama-lama di Pantai Kuwaru ini.

Pantai Depok

Pantai Depok biasanya didatangi oleh wisatawan untuk melakukan wisata kuliner. Di pantai ini banyak restoran yang menyajikan aneka hidangan laut segar yang langsung didapat dari nelayan setempat. Jika kamu ingin lebih puas lagi bisa langsung membeli ikan segar dan aneka hidangan laut mentah di pasar ikan dan membawanya ke restoran untuk mengolahnya hingga siap dihidangkan. Bibir pantai di Pantai Depok ini juga cukup luas jadi kamu bisa bermain-main di sekitar pantai sambil melihat aktivitas para nelayan yang baru pulang melaut serta jejeran perahu-perahunya di sekitar pantai.

Pantai Samas

Pantai Samas memiliki ombak yang cukup besar dan bibir pantai yang curam sehingga disarankan kamu tidak bermain ombak pantai. Angin di Pantai Samas ini cukup kencang sehingga menikmati suasana pasir hitam di dera angin laut adalah kegiatan santai yang bisa kamu lakukan di pantai ini. Memang pantai ini berada dalam satu garis pantai dengan Pantai Parangtritis, Parangkusumo, dan Depok sehingga warna pasirnya pun masih sama. Ikon yang cukup memikat di Pantai Samas adalah sebuah mercusuar yang bisa kamu gunakan untuk melihat pemandangan pantai lebih luas. Selain untuk tamasya warga setempat, pantai ini juga sering dijadikan tempat ritual tradisi masyarakat seperti Upacara Kirab Tumuruning Maheso Suro dan juga Labuhan Sedekah Laut.

Pantai Pandansari

Pantai Pandansari memiliki perkebunan buah naga yang bisa kamu datangi. Pantai yang bertetangga dengan Pantai Samas ini juga sering disebut sebagai Pantai Patehan. Bibir pantai yang curam membuat kamu harus menahan diri untuk bermain di pinggir pantai. Sebagai pelampiasan kamu bisa menaiki mercusuar setinggi 40 meter di utara pantai. Selain itu ada hutan cemara udang yang rimbun dan eksotis terkena cahaya terobosan matahari saat siang yang akan membuat spot berfoto di pantai ini semakin memukau.

Pantai Baru

Pantai Baru adalah salah satu tempat terbaik untuk kamu menyendiri sambil menikmati suasana pantai yang indah. Pantai Baru ini berada di sebelah Pantai Goa Cemara. Suasana pantainya pun tak jauh berbeda dengan rimbunnya pohon cemara udang di sekitar pantai tapi Pantai Baru terlihat lebih sepi dan tenang. Kebersihannya pun masih terjamin karena belum banyak aktvitas wisata di tempat ini, tapi Pantai Baru ini memang disiapkan untuk destinasi wisata alternatif di selatan Kota Jogja.

Pantai Goa Cemara

Setelah dibuka oleh pemerintah Kabupaten Bantul sebagai destinasi wisata di tahun 2010 lalu, Pantai Goa Cemara secara singkat langsung ramai dikunjungi oleh wisatawan dan jadi salah satu favorit di antara pantai-pantai lainnya di Kabupaten Bantul. Alasannya cukup sederhana, adanya hutan cemara yang tumbuh rimbun di sekitar pantai. Pohon-pohon cemara udang ini tumbuh subur dan melengkung membentuk terowongan seperti goa. Itulah kenapa pantai ini dinamai Pantai Goa Cemara. Pohon-pohon cemara udang ini digunakan untuk menahan abrasi ombak pantai dan juga menahan laju angin laut menuju perkebunan penduduk di sekitar pantai. Keunikan goa cemara inilah yang membuat pantai ini secara cepat menjadi ramai dikunjungi wisatawan dan sering dijadikan spot foto-foto.

Pantai Pandansimo

Siapa sangka di ujung barat kabupaten Bantul terdapat sumber energi listrik tenaga angin yang berada di Pantai Pandansimo. Pantai ini merupakan pantai paling ujung dari jejeran pantai di Kabupaten Bantul. Terdapat 34 kincir yang bisa menghasilkan energi listrik 2,5 Kw hingga 10 Kw. Selain barisan kincir angin yang memberikan pemandangan unik di sekitar pantai, terdapat juga lokasi wisata religi yang sering dikunjungi oleh peziarah yaitu Pandanpayung dan Pandansari. Kamu juga bisa berbelanja ikan segar dari nelayan di Pantai Pandansimo ini.Sebuah perjalanan menarik di ujung garis pantai Bantul yang cukup lengkap fasilitas dan keunikannya.

Itu dia 9 pantai yang ada di Kabupaten Bantul sebagai destinasi liburan tahun baru kamu di Yogyakarta nanti. Tak perlu jauh-jauh ke Gunungkidul untuk menikmati pantai di Yogyakarta karena lokasinya yang cukup terjangkau dekat dengan pusat kota.  

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *