Kumpulan Tips Traveling Terbaik Dari Para Pecinta Perjalanan

Image result for travelling pinterest

Traveling bisa jadi sesuatu yang sangat menyenangkan namun bisa pula jadi bencana yang membahayakan. Kalau Anda tahu dengan baik tujuan traveling dan waspada dalam segala hal, traveling akan memberikan pengalaman baru yang tidak tergantikan. Tapi kalau Anda bersikap ceroboh dan menyepelekan berbagai hal, penipuan dan kehilangan bukan hal yang aneh terjadi. Tak cuma itu saja, ada banyak sekali tips dan nasehat terkait traveling yang selama ini dibagikan dari mulut ke mulut oleh para traveler yang memiliki pengalaman bertahun-tahun di jalanan:

Kesabaran itu penting

Hal pertama dari nasehat terbaik yang bisa diberikan para traveler bukanlah tentang harus menyiapkan ini itu atau membawa uang banyak, tapi mengutamakan kesabaran. Saat melakukan perjalanan, banyak sekali momen di mana segala sesuatunya tidak berjalan sesuai dengan rencanan. Kalau sudah demikian, apa yang harus dilakukan? Ya, bersabar. Tak perlu emosi menghadapi semua hal negatif yang terjadi. Anda ketinggalan bus? Tak perlu khawatir karena akan datang bus berikutnya. Habiskan waktu dengan berkeliling pasar tradisonal, misalnya. Uang di ATM tiba-tiba menipis? Anda juga tak perlu cemas. Lakukan hal di luar rencana dengan mengunjungi daerah terdekat melalui perjalanan darat dengan berganti kendaraan atau bahkan menumpang.

Bangun lebih awal

Hal lainnya yang sangat disarankan oleh para traveler adalah bangun di pagi hari saat Anda berada di negara atau kota lain. Alasan pertamanya adalah matahari terbit. Pemandangan matahari terbit di sebuah tempat yang asing merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan. Anda bisa mengabadikannya lewat foto atau video yang akan memberikan kenangan terbaik saat sudah kembali pulang ke rumah. Alasan lainnya mengapa Anda harus bangun lebih awal adalah pagi hari merupakan momen terbaik untuk memulai petualangan. Di saat lalu lintas belum terlalu ramai dan tak terlalu banyak turis di objek-objek wisata, Anda bisa memperoleh kesempatan lebih banyak untuk menikmati waktu.

Tak perlu terlalu serius

Saat pertama kali menginjakkan kaki di sebuah negara baru, Anda akan lebih banyak terlihat sebagai orang yang tak tahu apa-apa. Kesalahan demi kesalahan tentu akan Anda lakukan dan hal tersebut membuat Anda terlihat seperti orang bodoh. Well, tak perlu malu apalagi sampai marah pada diri sendiri. Laugh at yourself! Jangan menjadikan semuanya begitu serius. Anda mungkin tak akan menyadari kalau dalam berbagai kesalahan yang Anda lakukan, ada banyak pelajaran yang didapat dan juga teman-teman baru yang membantu Anda melewati semua masalah.

BACA JUGA: Jalan-Jalan Ke Amerika, Makanan Ini Dijamin Akan Tunjukkan Budaya Asli Negeri Paman Sam

Pastikan selalu membawa uang cash

Uang tunai merupakan salah satu hal terpenting saat melakukan perjalanan. Dan yang terpenting, jangan menyimpan uang ini di dalam dompet atau tas. Masukkan uang ke dalam kaos kaki atau kantong rahasia yang ada di balik celana. Saat tas Anda ketinggalan di kendaraan, dompet dicuri, ATM tertelen mesin, setidaknya Anda masih punya uang untuk meminta bantuan dan menyelesaikan segalanya. Akan lebih baik kalau uang tunai yang Anda bawa ini ada dalam mata uang negara tujuan dan tentu saja dolar yang akan diterima di mana pun Anda berada.

Bertemanlah dengan penduduk lokak

Anda mungkin sering sekali mendengar penipuan yang dilakukan oleh penduduk lokal pada para turis asing. Tapi tetap saja hal ini tidak menghalangi Anda untuk menjalin hubungan yang baik dengan mereka. Terutama jika Anda memutuskan untuk tinggal di suatu negara dalam waktu lama, pastikan Anda memiliki kenalan penduduk lokal. Berkomunikasi dengan hasa Inggris dasar yang dipadukan dengan bahasa tubuh sudah cukup membuat Anda bisa memahami apa yang mereka maksud. Sbuah perjalanan pada hakikatnya bukan hanya tentang menikmati pemandangan atau mengumpulkan foto untuk kenangan, tapi mendapatkan pelajaran berharga dari kehidupan masyarakat setempat.

Bawalah scarf ke manapun Anda pergi

Tips ini mungkin terkesan sangat sepele, tapi banyak sekali traveler yang menuturkan betapa pentingnya membawa scarf ke manapun Anda pergi. Scarf bisa difunsgikan sebagai pelindung kulit dari sinar matahari di siang hari, menghangatkan tubuh di malam hari, dijadikan handuk darurat saat Anda cuci muka tanpa perlu membongkat handuk di dalam tas, dijadikan penutup wajah dan mata ketika Anda tidur di dalam kendaraan, dan bisa juga untuk penutup kepala bagi wanita saat datang ke suatu tempat yang mengharuskan menutup rambut, biasanya di tempat-tempat peribadatan.

BACA JUGA: Jangan Sampai Traveling Terganggu Gara-Gara Jet Lag, Atasi Dengan Cara Ini

Selalu siapkan copy dari semua berkas penting

Ada banyak hal terduga yang bisa terjadi saat Anda melakukan sebuah perjalanan. Ketika Anda kehilangan smartphone dan dompet misalnya, keadaan akan baik-baik saja kalau Anda memiliki foto copy dari dokumen-dokumen penting seperti passport, visa, SIM internasional, akte lahir, buku rekening, dan juga asuransi kesehatan. Jangan lupa juga untuk selalu menyimpan nomor penting seperti nomor kedutaan besar Indonesia di negara tersebut untuk meminta bantuan jika terjadi sesuatu darurat. Untuk foto-foto selama perjalanan, pastikan Anda memback up-nya di tempat penyimpanan online seperti Google Drive.

Ambil banyak foto

Memang benar kalau kenangan akan sebuah perjalanan bisa terekam dalam memori setiap orang. Tapi seiring berjalannya waktu, ingatan akan kenangan tersebut akan memudar kecuali Anda mengabadikannya dalam bentuk foto. Selama sempat, ambillah banyak foto dalam perjalanan. Jangan hanya foto selfie yang menampakkan sebagian besar wajah Anda, ya. Tapi foto-foto pemandangan, kehidupan penduduk lokal, dan berbagai aktivitas yang Anda lakukan selama traveling. Akan lebih praktis kalau Anda membawa tripod untuk berjaga-jaga seandainya tak ada yang bisa dimintai tolong untuk mengambil foto.

Belajar bahasa lokal

Saat Anda traveling ke kota lain di Indonesia, Anda mungkin berpikir bahasa Indonesia sudah cukup dijadikan senjata untuk berkomunikasi. Saat Anda ke negara lain, Anda mungkin juga merasa bahasa Inggris sudah bisa membuka komunikasi dengan masyarakat lokal. Tapi sebenarnya jauh lebih baik jika Anda mem-pelajari bahasa daerah atau bahasa asli setempat. Cara ini akan sangat berguna untuk mendapatkan kenalan baru, meminta tolong, dan berbelanja tanpa harus ditipu. Penduduk lokal juga akan lebih menghargai ketika Anda mencoba berbicara dengan bahasa mereka.

Lakukan pemborosan sesekali

Saat traveling, Anda memang dituntut untuk menghemat budget dan memastikan tak ada pengeluaran berlebih yang bisa bikin bangkrut. Tapi esensi utama dari sebuah perjalanan adalah menikmati momen. Kalau Anda terlalu sibuk menghitung budget, bisa-bisa malah lupa untuk menikmati perjalanan itu sendiri. Jadi sesekali tak masalah menghabiskan lebih banyak uang dengan tidur di hotel berbintang atau makan di restoran yang berkelas.

Entah itu traveling dengan backpacking, traveling dengan mewah, atau bahkan melakukan road trips yang penuh tantangan, tips-tips tersebut pasti sangat berguna untuk Anda. Selamat melakukan perjalanan dan bawalah pulang kenangan sebanyak mungkin!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *