Jangan Sampai Traveling Terganggu Gara-Gara Jet Lag, Atasi Dengan Cara Ini

Image result for jet lag

Anda pasti sudah sering sekali mendengar tentang jet lag. Tapi apa sih, jet lag itu dan bagaimana bisa hal tersebut terjadi? Setiap tubuh manusia memiliki ritme sendiri-sendiri yang mengatur kapan saat tidu dan kapan saat bangun dalam periode 24 jam yang disebut dengan circadian system. Jadi jangan heran kalau Anda bisa langsung mengantuk di malam hari dan otomatis terbangun saat pagi hari, itu semua karena tubuh sudah mengenalinya sebagai sebuah rutinitas.

Nah, ketika Anda terbang ke suatu daerah yang memiliki perbedaan waktu signifikan, tubuh akan mengalami kebingungan karena rutinitas yang biasa dilakukan berbeda dengan apa yang terjadi. Misalnya saja, saat Anda harusnya tidur karena jam sudah menunjukkan malam hari, tapi Anda tiba di sebuah negara yang sudah berada di hari berikutnya alias sudah pagi. Tubuh akan merasa bingung dan ada banyak efek yang kemudian ditimbulkan dari hal ini, mulai dari merasa mual dan pusing, gangguan pencernaan seeprti susah buang air besar, susah fokus dan kehilangan beberapa memori, hingga yang lebih parah ada yang mengalami demam dan susah untuk bangun dari tempat tidur.

BACA JUGA: Jalan-Jalan Ke Amerika, Makanan Ini Dijamin Akan Tunjukkan Budaya Asli Negeri Paman Sam

Jet lag sendiri terjadi pada setiap orang dengan cara yang berbeda tergantung usia, level stres, dan juga kondisi kesehatannya. Hal itu juga yang membuat waktu penyembuhan jet lag sangat bervariasi antara satu orang dengan yang lainnya. Tapi sebenarnya, efek dari jet lag ini bisa diminimalisir dengan beberapa cara. Berikut informasinya:

Buat hadwal longgar di hari pertama kedatangan

Kalau Anda akan pergi ke sebuah negara yang cukup jauh dan kemungkinan besar akan mengalami jet lag, maka pastikan untuk mengosongkan jadwal di hari pertama kedatangan. Memang akan ada waktu  yang terbuang percuma, tapi hal itu lebih baik daripada Anda memaksakan diri untuk beraktivitas dalam kondisi yang kurang optimal. Ambil waktu selama sehati untuk beristirahat dan menyesuaikan diri dengan perbedaan waktu yang ada di tempat tersebut.

Pastikan Anda tidur dengan nyenyak sebelum keberangkatan

Banyak orang yang sengaja untuk tidak tidur sebelum berangkat ke suatu tempat untuk perjalanan jauh. Ada banyak alasannya, yang pertama mereka terlalu sibuk untuk mempersiapkan segala sesuatu hingga mengabaikan waktu istirahat. Yang ke dua, ada rasa senang yang berlebihan sehingga rasa kantuk pun hilang dan membuat banyak orang lebih suka menghabiskan waktu dengan begadang atau bertukar cerita dengan teman seperkalanan. Yang terakhir, ada orang yang memang sengaja tidak tidur dengan harapan bisa tidur nyenyak selama di pesawat. Hal ini adalah sebuah kesalahan besar.  Anda seharusnya malah menghabiskan malam sebelum keberangkatan untuk tidur agar kondisi fisik prima sehingga tidak terlalu terpengaruh akan jet lag.

BACA JUGA: 8 Tempat Wisata di Pulau Dewata Bali

Hindari waktu kedatangan di malam hari

Anda mungkin berpikir datang di malam hari akan memberikan sejumlah keuntungan. Salah satunya adalah Anda memiliki waktu untuk beristirahat terlebih dahulu sebelum keesokan harinya menjelajahi tempat tujuan. Tapi ingat, kalau perbedaan waktunya terlalu jauh, malam hari di sana berarti pagi hari di sini. Itu artinya Anda tidak akan merasa mengantuk sama sekali dan malah akan kesulitan untuk beraktivitas karena semua fasilitas yang sudah tutup. Yang terbaik adalah datang di pagi hari dan mencegah rasa ngantuk datang dengan beraktivitas di bawah sinar matahari hingga malam tiba dan baru beristirahat. Hal ini akan membuat tubuh bisa beradaptasi lebih baik dengan perbedaan waktu yang signifikan.

Jadilah pemilih dalam menentukan pesawat yang akan digunakan

Anda mungkin lebih suka untuk memilih penerbangan dengan harga terjangkau karena mempertimbangkan uang untuk transportasi tersebut bisa digunakan untuk hal lain. Tapi saat Anda pergi ke suatu tempat yang memakan waktu hingga belasan jam, akan lebih baik jika memilih pesawat yang benar-benar memberikan fasilitas terbaik. Kursi yang  nyaman dan enak dibuat tidur, lampu yang bisa diredupkan, hingga penggunaan filter udara yang maksimal akan membuat perjalanan Anda lebih nyaman sehingga kondisi tubuh fit setibanya di tempat tujuan dan tak harus berhadapan dengan jet lag berlebihan.

Pilih penerbangan transit untuk membantu tubuh beradptasi

Terbang di dalam pesawat dalam waktu yang sangat lama dan masih harus berhadapan dengan jet lag memang bukanlah hal yang menyenangkan. Kalau memang Anda memiliki dana lebih dan juga tidak sedang diburu waktu, tak ada salahnya memilih penerbangan transit. Jadi Anda memiliki waktu untuk beristirahat di sebuah negara dan menyesuaikan diri dengan perbedaan waktu yang tidak terlalu signifikan, sebelum tiba di negara yang memiliki perbedaan waktu drastis.

Hindari minuman beralkohol

Anda mungkin penggemar minuman beralkohol, atau tiba-tiba ingin minum di bandara untuk membuat tubuh lebih rileks sehingga bisa istirahat dengan baik saat di pesawat. Tapi ketika akan menempuh perjalanan cukup jauh dengan perbedaan waktu signifikan, pastikan untuk tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Anda hanya akan merasa pusing dan mual serta mengalami dehidrasi gara-gara minuman beralkohol yang bisa memperburuk terjadinya jet lag. Lebih baik konsumsi minuman yang bisa membuat tubuh segar seperti jus buah atau herb tea.

Jangan mengonsumsi obat tidur selama di perjalanan

Hingga saat ini masih banyak orang yang salah kaprah dan menganggap bahwa tubuh tidak akan mengalami jet lag jika bisa tidur nyenyak sepanjang perjalanan. Well, kondisi tubuh memang akan terasa lebih baik jika Anda bisa istirahat di pesawat dengan cara yang alami alias tanpa mengonsumsi obat tidur. Tapi kalau Anda harus mengonsumsi obat tidur, yang ada malah tubuh akan terasa lelah dan Anda menjadi ling lung saat bangun dari tidur panjang.

Usahakan tidak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein

Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, minuman bersoda, dan juga minuman berenergi akan membuat tubuh terjaga lebih lama dan hal tersebut bisa memperpanjang masa penyembuhan dari jet lag. Maka dari itu, usahakan untuk menghindair minuman-minuman tersebut dan memperbanyak konsumsi air putih selama di perjalanan.

Setel jam dengan zona waktu baru

Salah satu cara yang juga akan membantu menghindarikan Anda dari jet lag berkepanjangan adalah menyadari bahwa ada perbedaan waktu sekian jam. Jadi sebelum berangkat, setel jam Anda dengan zona waktu negara tujuan. Hal ini akan membantu Anda untuk lebih awas dan otak pun bisa bersiap dengan perubahan waktu yang akan terjadi. Tapi pastikan Anda mengingat dengan baik jam di Indonesia juga ya, jangan sampai gara-gara jam tangan sudah disetel berbeda Anda jadi terlambat berangkat ke bandara.

Dengan cara-cara tersebut, semoga jet lag Anda bisa cepat usai. Anda pun bisa segera menikmati tujuan liburan dengan nyaman dan menyenangkan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *