7 Desitinasi Wisata Di Sleman Yogyakarta

 Image result for wisata sleman

Apa yang ada di pikiran Anda ketika mendengar kata Jogjakarta Hadiningrat? Kota kecil menawarkan beragam seni dan budaya ini memang sangat menarik untuk selalu diikuti. Selain dikenal dengan kebudayaan nya yang turun temurun serta mendunia, Jogja juga memberikan beragam destinasi wisata yang sayang sekali untuk anda lewatkan. Banyak sekali ragam wisata untuk Anda kunjungi di saat berada di kota yang terkenal dengan pelajar ini, mulai dari wisata alam, sejarah hingga wisata wahana hiburan. Apabila anda sekeluarga sedang berada di Jogja, maka anda di wajibkan untuk datang ke salah satu kabupaten Sleman, tempat ini menarik karena akan menambah daftar koleksi agenda liburan Anda.

Saat anda berada di daerah Sleman Yogyakarta, maka anda sekeluarga tidak bisa menjumpai kawasan wisata pantai seperti kawasan Gunung Kidul, karena di daerah ini jauh dari lautan dan memang tidak memiliki pantai. Tetapi begitu, tempat wisata di Sleman juga tidak kalah menarik karena banyak menyimpan destinasi wisata alam yang menakjubkan serta memanjakan mata. Berikut ini beberapa rekomendasi wisata di Sleman terfavorit yang bisa anda dan keluarga kunjungi ketika menyambangi kota budaya tersebut.

 

1.Wisata Kaliurang

Wisata di Sleman terbaru yang bisa anda kunjungi yaitu wisata Kaliurang. Wisata Kaliurang merupakan kawasan wisata di Jogja yang lokasinya berada di kawasan lereng Gunung Merapi. Saat berada di kawasan wisata ini, anda akan merasakan suasana menyejukan dilengkapi dengan pemandangan gunung yang mempesona. Hal inipun menjadi daya tarik tersendiri yang membuat banyak pelancong yang mengunjungi obyek wisata satu ini. Jalanan berliku -liku dan juga menanjak merupakan ciri khas dari obyek wisata pegunungan yang di namakan kaliurang ini. Berada di desa Hagobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman. Ketinggian dari wisata kaliurang yaitu sekitar 900 mdpl sehingga suhu udara di daerah ini terasa dingin meskipun siang hari yang suhunya bisa mencapai sekitar 20-25 derajat celcius.

Terdapat beberapa titik wisata menarik di Kaliurang yang paling terkenal yaitu Gardu Pandang Gunung Merapi. Di gardu tersebut Anda bisa melihat berbagai keindahan dari pemandangan indah Gunung Merapi, dimana dengan indahnya mengeluarkan asap wedus gembel yang indah serta menghiasi pemandangan langit. Titik wisata lain yang bisa anda kunjungi yakni taman wisata Palawangan Turgo, Gua jepang, telaga putri, tamam wisata Kaliadem dan air terjun Telagamuncar yang memanjakan mata anda.

Baca juga: 11.Destinasi Wisata Menakjubkan Di Palangkaraya

  1. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko ini kerap disebut dengan sebutan candi Boko atau Istananya ratu Boko merupakan sebuah kompleks arkeologi kuno dengan luas 19 hektar. Candi ini berlokasi tepat di sebuah bukit di dusun Bokoharjo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman. Dari atas tempat wisata Candi Ratu Boko yang indah ini, anda sekeluarga tidak hanya dapat melihat tetapi juga bisa menikmati suguhan pemandangan indah nan menawan Candi Prambanan dari atas bukit. Untuk anda yang mempunyai hobi fotografi, lokasi wisata Candi Ratu Boko tersebut tentu sangat cocok dijadikan background foto preeweding karena pemandangannya sangat mempesona dan menawan karena terlihat klasik terlebih jika anda mengabadikannya pada senja hari dimana matahari sedang tenggelam.

 

  1. Candi kalasan

Masih seputar candi atau kompleks ibadah di masa kuno, Anda juga bisa mendatangi Candi Kalasan yang merupakan candi peninggalan agama budha. Berlokasi di Dusun Kalibening, di Desa Tirtomartani yang merupakan satu dari sekian Desa di Kecamatan Kalasan, Sleman. Karena lokasinya berada di Desa Kalibening, maka tempat wisata di Sleman ini sering disebut oleh para pelancong  dengan sebutan Candi Kalibening. Candi Kalasan ini mudah untuk anda jangkau, karena berada di tepi jalan lintas jalur Jogja-Solo yang berdekatan dengan Candi Prambanan. Apabila anda sedang berada di Candi Prambanan, Anda di anjurkan unuk mampir sekalian ke candi tersebut untuk sekedar berfoto, tiket masuk pun di bandrol hanya dengan Rp.2000 saja.

 

  1. Candi sambisari

Untuk wisata sejarah dan peradaban ibadah pada masa kuno, anda bisa mengunjungi salah salah satu tempat wisata di Sleman yaitu Candi Sambisari. Letaknya yang berada di sebuah Desa  Purwomartani,  Kecamatan Kalasan, Sleman. Lokasinya tidak begitu jauh dari Candi Kalasan apabila di tempuh dari kota Jogja karena hanya sekitar setengah jam atau sekitar 12 km saja. Merupakan sebuah candi peninggalan agama hindu yang dijadikan tempat pemujaan Dewa Siwa, dewa kematian umat hindu, dan di perkirakan dibangun pada masa kerajaan Mataram hindu di awal abad ke 9. Pemandagan Candi Sambisari ini sangatlah indah, hal ini bisa dilihat dari bangunan-bangunan candi tertata rapi sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin mengabadikan foto bersama pasangan and dengan berlatar belakang candi, candi ini juga cocok untuk anda penikmat fotografi.

5.Museum Wisata Lereng Gunung Merapi

Gunung merapi menjadi salah satu gunung berapi yang paling aktif di Indonesia dan sangat sakral bagi republik ini.Banyak para Ilmuwan dari berbagai negara datang ke gunung ini untuk mempelajari aktivitas gunung Merapi. Terlebih gunung ini mempunyai macam letusan berupa luncuran awan panas atau sering di sebut wedus gembel. Oleh karena itu, bupati kabupaten Sleman telah membangun proyek sebuah museum yang didedikasikan sebagai wahana edukatif mengenai ilmu geologi dan bencana dari gunung berapi, bencana alam dan gempa bumi. Museum in diberi nama Museum Gunung Merapi dengan lokasi tidak jauh dari kawasan Wisata Kaliurang yang hanya berjarak kurang lebih 4 km saja.

Jika anda sekeluarga ingin mengunjungi museum ini, anda dapat langsung datang di jl. Boyong, dusun Banteng, desa Hargobinangun, kecamatan Pakem, kabupaten Sleman. Luas dari bangunan museum ini sekitar 4.470 meter persegi yang berdiri pada tanah seluas 3,5 hektar milik pemerintah. Di dalam museum ini, terdapat beberapa ruangan yang dibuat berdasarkan tema dengan sangat menarik serta anda di anjurkan untuk mengajak anak – anak mengunjungi museum ini, dikarenakan sangat edukatif.

Baca juga: 7 Destinasi Wisata di Malang Yang Antimainstream

6.Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark

 

Tempat ini merupakan sebuah waterpark bertema terbesar di Indonesia. Selain dapat menikmati wahana permainan air bersama buah hati, anda juga dapat menikmati wahana permainan lainnya yang pastinya akan membuat anda semakin betah berlama-lama di wahana ini. Fasilitas yang bisa Anda nikmati yaitu kolam renang, mercusuar, prosotan, kapal bajak laut dan masih banyak lagi. Salah satu wahana di tempat ini menjadi daya tarik tersendiri yaitu How to survive in tsunami. Ada simulasi gempa bumi yang akan membuat anda dan keluarga merasakan sensasi tsunami. Berada di jalan stadion Maguwowoharjo , Sleman, tiket masuknya pun di bandrol cukup murah, yaitu Rp.60.000 pada hari biasa dan Rp.90.000 di saat weekend tiba.

 

  1. Candi Prambanan

 

Destinasi terakhir ini adalah Candi Prambanan menjadi candi yang sangat terkenal, tidak hanya di Sekitar kota yang berdekatan dengan Sleman saja, namun Candi peninggalan masa kerajaan mataram kuno ini pun sudah begitu populer di Indonesia bahkan sampai mancanegara. Candi Prambanan ini ternyata sudah diakui sebagai candi terindah di Asia Tenggara dan juga sudah diakui oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Hal ini bisa di buktikan dengan data statistik banyaknya wisatawan berdatangan ke lokasi ke wisata ini baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Candi Prambanan juga erat kaitannya dengan sebuah cerita dongeng tentang Loro Jonggrang yang sudah melekat di oleh masyarakat Indonesia. Di bagian barat candi ini ada sebuah bangunan gedung untuk dijadikan sebagai tempat dilaksanakannya Sendratari Ramayana serta upacara keagamaan lain nya. Penyelenggaraan Sendratari ini merupakan sebuah pertujukkan seni tari dan juga seni drama yang mengisahkan tentang kisah Ramayana. Untuk menemukan Candi Prambanan inipun tidak sulit, karena letaknya berada di jalur Jogja Solo serta pembangunan infrastruktur di sekelilingnya. Lebih tepatnya berada di sebuah Desa Karangasem, di Kecamatan Bokoharjo atau sekitar 16 km dari arah Kota Jogja membuat anda betah untuk menginap atau sekedar bermalam di daerah candi prambanan ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *