10 gunung terindah di indonesia yang siap dijelajahi

Image result for Gunung rinjani

Kekayaan alam Indonesia sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Hampir setiap pulau memiliki keunikan tersendiri yang tak ada di pulau lain. Bahkan kekayaan alamnya membuat iri dunia. Tak jarang banyak destinasi wisata di Indonesia yang sukses menyedot wisatawan mancanegara untuk datang mengunjunginya. Setiap provinsi di Indonesia mulai dari paling barat hingga paling timur memiliki landmark sendiri yang membuatnya semakin terkenal. Mulai dari pantai hingga pegunungannya. Sempatkan seumur hidup sekali untuk mendatangi gunung-gunung ini sebagai rasa bangga kita sebagai asset bangsa yang harus dipelihara dan dijaga dengan baik. Berikut ini 10 gunung terindah di Indonesia yang bisa dijadikan destinasi wisata kamu berikutnya.

Gunung Bromo

Salah satu aset wisata yang terus dipromosikan oleh pemerintah Jawa Timur adalah Gunung Bromo. Memang tak berlebihan jika kawasan Gunung Bromo yang masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini menjadi idola para pendaki dan wisatawan. Keindahan pemkamungan kala matahari terbit hingga hamparan gumul pasir yang menawan membuat semua orang yang pernah datang ke Gunung Bromo mengamini keindahannya. Gunung dengan ketinggian 2.329 mdpl ini juga memiliki kawah yang bisa ditelusuri dengan mudah karena sudah disediakan anak tangga untuk mencapainya.

BACA JUGA: 10 destinasi wisata di Banyuwangi yang siap jadi rujukan liburan di Jawa Timur

Gunung Rinjani

Gunung yang memiliki ketinggian lebih 2.000 mdpl ini punya pemandangan sunrise yang indah dari puncaknya. Tak hanya itu, padang sabana yang cantik dengan bunga-bunga edelweiss-nya siap menyambut kamu dalam jalur pendakian. Hal yang membuatnya tambah mengagumkan lagi adalah adanya Danau Segara Anak yang ada atas gunung ini memberikan pemkamungan yang menakjubkan. Di tengah danau terdapat Gunung Barujari yang disebut sebagai anak Gunung Rinjani karena berada di puncak gunungnya.

 

Gunung Semeru

Gunung Semeru disebut sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa, tepatnya berada di Provinsi Jawa Timur. Untuk bisa sampai ke gunung ini kamu bisa menempuh perjalanan dari Kota Malang atau Kota Lumajang. Gunung yang memiliki tinggi hingga ke puncak Mahameru yaitu 3.676 mdpl dan menjadikan gunung ini sasaran pendakian paling favorit sepanjang tahun. Hal ini terlihat dari banyaknya antrian pendaki yang menunggu di Ranu Pani karena kuota pendaki hanya 500 orang.

Bukan hanya didatangi sekali seumur hidup, banyak pendaki yang ketagihan mendaki Gunung Semeru karena memang pemkamungannya yang menakjubkan dan petualangan seru yang didapat selama perjalanan. Sebuah danau alami di ketinggia 2.400 mdpl yang dinamai Ranu Kumbolo adalah salah satu daya tarik istimewa dari Gunung Semeru. Belum lagi Tanjakan Cinta yang terkenal di kalangan pendaki, hingga Oro-Oro Ombo tempat dimana bunga lavender tumbuh subur.

Baca juga: 10 Gunung Paling Horor Di Indonesia! Berani Ke Sana?

Gunung Merbabu

Gunung Merbabu memiliki beberapa jalur pendakian untuk bisa sampai ke puncaknya. Letaknya yang berada di perbatasan Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Magelang ini membuat jalur pendakian berbeda-beda rutenya. Tapi jalur yang dianggap paling menarik adalah jalur Selo yang ada di Kabupaten Boyolali. Pemkamungan alam padang sabana yang indah jadi alasan kenapa jalur ini paling diminati para pendaki. Melihat padang sabana sepanjang pendakian membuat rasa lelah tak terasa.

Semakin tinggi mendaki maka kamu akan menemukan taman bunga edelweiss yang tumbuh di sekitar lereng gunung. Kamu bisa memilih untuk mencapai puncak yang mana karena Gunung Merbabu memiliki 3 puncak berbeda yaitu Kenteng songo, Trianggulasi dan juga Syarif. Dari jalur pendakian Selo kamu juga bisa menikmati keindahan dan kemeganan Gunung Merapi yang berada tepat di sampingnya.

Gunung Gede

Gunung yang ada di Jawa Barat ini masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Dengan ketinggian 2.958 mdpl, Gunung Gede merupakan salah satu gunung yang paling sering didaki karena memiliki keindahan memukau di atasnya. Salah satu daya tarik yang membua para wisatawan datang ke Gunung Gede adalah Alun-alun Suryakencana yang berada di ketinggian 2.750 mdpl. Alun-alun ini adalah padang rumput luas yang dipenuhi dengan bunga edelweiss dan jadi tempat terbaik untuk menikmati taman bunga edelweis di lereng gunung.

Gunung Merapi

Gunung Merapi yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta ini merupakan gunung api teraktif di Indonesia. Tercatat aktivitas vulkanik terjadi setiap tiga tahun sekali. Meski terbilang cukup berbahya, tapi Gunung Merapi setinggi 2.930 mdpl ini memiliki keindahan dan daya tarik wisata yang membuat kamu ingin datang ke lereng Merapi. Selain obyek wisata Kaliurang yang menjadi salah satu daftar wisata di Yogyakarta, kehidupan di desa lereng Merapi layak untuk dijelajahi.

Sejak erupsi di tahun 2010 silam, terdapat satu alternatif wisata menarik yang bisa dijajal oleh wisatawan yaitu Lava Tour dengan menggunakan mobil Jeep. Pihak Taman Nasional Gunung Merapi telah menyiapkan jalur pendakian baru untuk memfasilitas para pendaki sampai ke puncak yang lebih aman. Dapatkan tiket promo ke Yogyakarta dan jangan lupa untuk mendaki Gunung Merapi yang jadi kebanggan warga Yogyakarta tersebut.

Gunung Kelimutu

Beralih ke Provinsi Nusa Tenggara Timur tepatnya di Kabupaten Ende, ada gunung indah bernama Gunung Kelimutu. Meski hanya memiliki tinggi 1.639 mdpl tapi keindahan alamnya memang tiada duanya. Di puncak Gunung Kelimutu terdapat 3 buah danau dengan warna air yang berbeda-beda dan dikenal sebagai danau tiga warna. Warna air di setiap danau juga bisa berubah warna seiring waktu karena perubahan makhluk hidup di dalamnya.

Danau tiga warna ini sangat diagungkan oleh masyarakat setempat dengan munculnya beragam mitos dan cerita-cerita yang berkembang. Bahkan setiap danau memiliki nama yaitu Tiwu Nuwa Muri Koo Fai untuk danau yang berair biru, Tiwu Ata Polo untuk danau berair merah, serta Tiwu Ata Mbupu untuk danau berair putih.

Gunung Patuha

Gunung Patuha yang memiliki ketinggian 2.386 mdpl ini mungkin terdengar asing bagi kamu penikmat wisata di Jawa Barat. Tapi begitu mendengar nama tempat kawah putih maka kamu akan terbayang dengan suasana pasir putih dan danau biru tosca berasap dengan bau menyengatnya. Keindahan Kawah Putih yang ada di puncak Gunung Patuha adalah satu alasan kenapa gunung ini ramai dikunjungi wisatawan.

Memang Gunung Patuha tidak memiliki jalur pendakian yang curam dan melelahkan karena akses untuk bisa ke puncak sudah terfasilitas dengan baik. Gunung Patuha sukses menjadi salah satu gunung terindah dengan pemkamungan kawah putih di puncaknya yang sangat unik. Kawah putih yang ada di puncak gunung ini terjadi akibat letusan Gunung Patuha yang terjadi pada abad 10.

Gunung Ijen

Gunung Ijen masuk ke dalam 3 kabupaten di Jawa timur yaitu Kabupaten Banyuwangi, Situbondo, dan juga Bondowoso. Namun untuk bisa mendaki gunung ini, loket pendakian hanya ada di Banyuwangi. Gunung ini menjadi sangat terkenal karena memiliki keunikan yang jarang ditemui di dunia. Adanya api biru yang menyala dan terlihat saat dini hari di Gunung Ijen ini juga ada di Islandia dan hanya ada di dua tempat ini saja.

Gunung ini hanya memiliki ketinggian 2.443 mdpl dan termasuk tidak terlalu tinggi sebagai jalur pendakian. Kawah Gunung Ijen ini juga masih aktif digunakan sebagai tempat penambangan belerang dan masuk ke dalam kawasan konservasi. Jika kamu berada di Jawa Timur, jangan lewatkan kesempatan melihat api biru yang hanya ada dua di dunia ini.

Gunung Prau

Gunung Prau berada dalam barisan Dataran Tinggi Dieng dan menjadi permukaan tertinggi dari bentangan pegunungan yang indah. Dari puncak Gunung Prau kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang menakjubkan dan secara tak langsung menyapu pkamungan ke arah Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing di sebelahnya. Bahkan puncak Gunung Prau disebut sebagai tempat terbaik melihat sunrise setelain Puncak Sikunir di deretan Dataran Tinggi Dieng.  Gunung yang masuk ke dalam wilayah Jawa Tengah ini memiliki ketinggian 2.565 mdpl namun jalur pendakiannya terbilang cukup mudah sehingga menjadikan gunung ini ajang pendakian bagi pendaki pemula.

Itu dia 10 gunung yang bisa kamu daki untuk mendekatkan diri dengan alam dan mensyukuri kekayaan alam Indonesia yang luar biasa indahnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *