10 Gunung Paling Horor Di Indonesia! Berani Ke Sana?

Image result for ranu kumbolo

Gunung selain dikenal sebagai tempat dingin dan indah, ternyata menyimpan banyak misteri yang membuat bulu kuduk meremang. Entah hanya sekedar mitos, maupun banyaknya penampakan makhluk astral yang sering menjumpai pendaki maupun masyarakat sekitar.

Namun, bagi para pecinta gunung, kisah horor pun tidak menghalangi langkah untuk menjejakkan kaki di puncaknya yang agung. Hanya saja, dari banyaknya kisah, berikut ini ulasan mengenai 10 gunung paling horor di Indonesia.

  1. Gunung Lawu

Gunung purba ini dipercaya menjadi tempat muksanya Raja Brawijaya V dan merupakan pusat kegiatan spiritual zaman dahulu.  Keanehan demi keanehan bisa dijumpai di sini, mengingat gunung ini disebut-sebut sebagai pakunya pulau jawa. Jadi, jika gunung ini meletus, maka tanah jawa akan gempa hebat dan terombang-ambing.

 

Di antara sekian banyak misteri, yang paling sering menghantui pendaki adalah Pasar Setan yang terletak dekat puncak, lalu ada penampakan harimau besar, suara-suara menakutkan dan penampakan-penampakan makhluk astral di sepanjang jalur. Paling terkenal horor, jika mendaki dari jalur Candi Cetho, siap-siap saja merapal banyak do’a dan melurukan niat. Tetapi, tenang saja jika berjumpa dengan burung jalak gading. Karena, burung ini akan menunjukkan jalan agar selamat dan tidak tersesat.

BACA JUGA: 10 destinasi wisata di Banyuwangi yang siap jadi rujukan liburan di Jawa Timur

 

  1. Gunung Semeru

Gunung tertinggi di pulau Jawa ini sangat cantik dan menawan. Mulai dari Ranu Pane, Ranu Kumbolo hingga puncak Mahameru yang spektakuler. Sayangnya, di balik keindahan itu ada banyak kisah horor yang mencekam. Selain balutan suasa haru ketika melintas, lantaran banyak makam di atas gunung ini, pendaki juga disuguhi cerita-cerita dari pendaki lain yang membuat bulu kuduk meremang.

 

Contohnya, kisah penunggu Ranu Kumbolo yang akan terbang melayang-layang bersama kabut, atau penampakan dewi yang sangat cantik dan berjalan-jalan di tengah danau. Kemudian, di Arcopodo akan ada penampakan dua arca maha besar yang ujungnya tidak terlihat, serta kisah mistis lain yang pekat dengan suasana horor. Jadi, siap-siap saja mentalnya, agar tidak terbirit-birit saat melintasi Kalimati yang memang horornya terbukti ampun-ampunan.

Baca juga: 10 gunung terindah di indonesia yang siap dijelajahi

  1. Gunung Argopuro

Gunung satu ini memang sarangnya horor. Tidak percaya? Tanyakan saja kepada para pendaki yang berhasil menaklukan trek terpanjang se-Jawa ini. Mulai dari aura mistis yang kental dan juga suasana yang mencekam, membuat banyak pendaki urung muncak.

 

Contohnya saja, di alun-alun Cikasur yang merupakan kuburan massal dan juga bekas landasan pesawat terbang ketika zaman penjajahan. Lalu ada savana yang bernama Kuburan Kuda karena memang tempat itu menjadi kuburan massal bagi kuda saat zaman kerja rodi. Selain itu, ada juga Dana Taman Hidup yang dilihat saja sudah horor, belum lagi penampakan Dewi rengganis yang kerap muncul di tengah danau dan juga sosok horor wanita penjual jamu yang kerap menggoda pendaki dengan tubuh moleknya. Benar-benar gunung paling horor.

 

  1. Gunung Arjuno

Gunung ini ada di Jawa Timur dan sudah terkenal ke seantero pendaki, kalau horornya sangat luar biasa. Seperti, Onto Beoge yang sering ada menampakan wujud ular raksasa, bahkan ada yang melihat naga di tempat ini. Kemudian Sendang Dewi Kunti, yang kerap menghantui pendaki dengan penampakan sosok wanita melayang-layang, wanita berpakaian zaman kerajaan dan masih banyak lainnya.

 

Tidak hanya itu, adanya Pasar Setan yang kerap membuat pendaki linglung karena masuk dimensi lain, serta Alas Lali Jiwo yang terbukti sering membuat banyak pendaki tersesat. Terlebih, jika malam, akan ada alunan gamelan beserta peralatan musik klasik lainnya dengan tembang-tembang kuno yang misterius. Fenomena tersebut, dijuluki sebagai Ngunduh Manten dan jangan coba-coba mencari sumber suaranya agar tidak tersesat.

 

  1. Gunung Salak

Hayo, siapa yang nggak kenal gunung angker satu ini? Beragam misteri menyelimuti pesona gunung yang sangat indah ini. Mulai dari misteri kabut tebal yang menyesatkan, arwah-arwah pendaki yang jasadnya tidak ditemukan dan korban-korban kecelakaan pesawat yang kerap terjadi di Gunung salak ini. Horor bangetkan?

 

Belum lagi, penampakan nenek-nenek jawa yang tangguh dan jalan ke puncak tanpa perlengkapan ala pendaki, teriakan-teriakan minta tolong ketika malam, hewan-hewan aneh yang bentuknya nggak seperti binatang normal, serta yang paling terkenal adalah banyaknya penampakan pocong di sepanjang jalur pendakian. Widih, nggak heran kalau gunung ini jadi salah satu gunung paling horor.

 

  1. Gunung Merapi

Gunung ini memang aura mistisnya sangat kuat. Mulai kisah nyata para pendaki yang melihat pasar bubrah, atau pasarnya lelembut penungggu gunung, hingga penampakan ratu lengkap dengan kereta kencana dan kuda sembrani berekor api yang membuat pendaki ketakutan setengah mati.

 

Gunung ini memang menjadi keraton atau kerajan dari bangsa jin dan sejak zaman dulu, sudah diketahui eksistensinya oleh masyarakat sekitar. Melalui cerita turun-temurun dan juga kesaksian para pendaki. Jadi, tidak heran kalau selama mendaki merapi, akan banyak penampakan-penampakan yang tidak masuk akal.

 

 

 

  1. Gunung Lantimojong

Gunung tertinggi di Sulawesi ini terkenal sebagai markasnya hantu Poppo. Yaitu hantu yang suka berburu hewan, ikan, buah-buahan dan kadang manusia. Mereka bisa terbang, dengan ciri mata merah menyala dan lidah terjulur. Sangat mengerikan. Makanya, jika naik ke sana dan mendengar suara “Pok … pok … pok.” Sebaiknya, segera hentikan pendakian dan cari tempat berlindung yang aman. Sebab, suara itu adalah pertanda adanya hantu Poppo di sekitar lokasi pendaki.

 

  1. Gunung Kerinci

Kalau bicara makhluk astral sudah biasa, bagaimana kalau pendaki dihadapkan keganasan harimau Sumatera? Masih bilang nggak horor? Ok, ditambah dengan penampakan Uhang Undhak atau manusia pendek yang tingginya nggak sampai satu meter.

Nah, itu dia sekian dari deretan kehororan Gunung Kerinci yang jadi gunung paling tinggi di Sumatera ini. Selain jalur pendakian yang ganas, pendaki juga harus mempertebal mental dengan gangguan arwah-arwah pendaki lain yang meninggal atau hilang di gunung ini, atau bisa juga dengan bangsa jin yang memang bersarang di salah satu gunung paling horor ini.

 

  1. Gunung Jaya Wijaya

Memiliki biaya pendakian yang super mahal, tidaklah menyurutkan pendaki untuk menjejakkan kaki di puncaknya yang tertutup salju abadi. Keindahan pesona alamnya, tidak usah diragukan lagi, karena bumi Papua merupakan potongan surga yang diletakkan di bumi.

 

Namun, di balik semua pesona maha karya tuhan itu, ada banyak misteri yang membuat pendaki harus berpikir ulang jika ingin menjejakkan kaki ke sana. Di antaranya adalah, misteri puncak yang banyak ditemukan fossil makhluk laut dan juga batu karang.

 

Kemudian, di gunung ini, pendaki juga harus menjaga diri untuk tidak tergiur segala hal yang memesona. Sebab, ada banyak portal-portal dimensi lain yang kerap muncul di gunung ini. Imbasnya, pendaki bisa menemui ajal dan juga cidera parah jika melanggarnya.

 

  1. Gunung Bukit Raya

Buasnya hutan Kalimanatan memang tidak diragukan lagi. Demikian juga hewan-hewan liarnya. Nah, kombinasi ini bisa didapatkan jika mendaki gunung Bukit Raya yang memiliki medan pendakian sangat sulit dan berbahaya. Makanya, tidak heran kalau jumlah pendaki yang ke sana sangatlah sedikit.

 

Belum lagi cerita horor yang ngalah-ngalahin horornya teror kerajaan pacet di sana, karena di gunung ini kerap ada penampakan harimau raksasa, kakek-kakek bercawat hingga suku pedalaman yang  katanya sangat ganas dan tidak bersahabat dengan pengunjung . Duh, horornya ampuh!

Nah, itu dia ulasan mengenai 10 gunung paling horor di Indonesia. Jadi, sebelum mendaki pastikan dulu berani apa nggak. Karena, gunung bukan tempat untuk keren-kerenan dan ajang pamer. Gunung adalah tempat merendahkan ego dan belajar dari kebijaksanaan alam. Menundukkan diri dalam-dalam, membumikan semua gengsi dan hasrat sombong, serta melangitkan rasa syukur dan juga kebijaksanaan seperti yang alam ajarkan. Salam lestari.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *