10 destinasi wisata di Banyuwangi yang siap jadi rujukan liburan di Jawa Timur

Image result for savana sadengan

Kabupaten Banyuwangi yang berada di ujung timur Pulau Jawa ini sering dijuluki sebagai Sunrise of Java karena bagian Pulau Jawa yang paling pertama terkena matahari terbit adalah kawasan Banyuwangi ini. Ternyata Kabupaten Banyuwangi juga memiliki banyak potensi wisata yang tak kalah menariknya.Mulai dari destinasi pantai yang cantik-cantik, hingga wisata alam lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Maka tak heran jika akhir-akhir ini Kabupaten Banyuwangi mendapatkan respon positif dari para wisatawan lokal yang ada di Indonesia dan wilayah Jawa Timur khususnya untuk melakukan perjalanan wisata ke Kabupaten Banyuwangi. Jika kamu termasuk ke dalam rombongan traveler yang penasaran dengan keindahan potensi wisata di Banyuwangi, maka kamu harus melihat daftar destinasi wisata menarik di Banyuwangi untuk destinasi wisata selanjutnya.

Pantai Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau menawarkan panorama cantik dengan pasir putih terhampar dan laut biru yang membentang. Meski garis pantainya tak begitu panjang tapi balutan hutan tropis di sekelilingnya membuat Pantai Teluk Hijau semakin terlihat asri dan kamu akan betah berlama-lama di sini. Pantai Teluk Hijau ini masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri bersama dengan beberapa pantai lainnya. Tapi memang Pantai Teluk Hijau dinilai paling layak untuk dijadikan destinasi menikmati suasana pantai di waktu senggang saat berada di Banyuwangi.

Kawah Ijen

Kawah Ijen bisa didatangi lewati Kota Banyuwangi dengan akses yang lebih baik. Tentu saja kawasan Kawah Ijen di atas Gunung Ijen ini sangat menawan dan membuat siapa saja penasaran karena sangat jarang terjadi. Fenomena api biru di Kawah Ijen ini hanya ada di Gunung Ijen dan Islandia. Pemkamungan api biru ini akan lebih terlihat menakjubkan di saat dini hari saat tak ada matahari dan sumber cahaya lain di sekitar kawah. Sebenarnya api biru yang terlihat bukanlah api yang sebenarnya melainkan gas belerang yang bercampur dengan oksigen dan menghasilkan penampakan layaknya kobaran api biru yang menyala-nyala. Ini adalah salah satu alasan orang-orang datang ke Banyuwangi dan kamu pastinya tak akan melewatkan Kawah Ijen saat berada di Banyuwangi.

Baca juga: 10 Gunung Paling Horor Di Indonesia! Berani Ke Sana?

Taman Sritanjung

Sebuah taman kota yang menjadi kebanggaan warga Banyuwangi adalah taman Sritanjung. Berada di dekat Mesjid Agung Baiturrahman Banyuwangi, taman ini selalu dijadikan tempat duduk-duduk santai bersama keluarga sambil menikmati suasana kota yang tenang. Sebuah landmark dari Kota Banyuwangi yang harus kamu datangi sebelum menjelajah Kabupaten Banyuwangi. Nama Sritanjung diambil dari tokoh wanita dalam legenda Banyuwangi.

Pantai Boom

Pantai ini menjadi sangat populer dan sering dikunjungi karena lokasinya yang paling dekat dengan pusat Kota Banyuwangi. Dengan latar belakang pelabuhan, pantai ini juga memberikan panorama yang unik meski aktivitas pelabuhan tidak terlalu ramai seperti dulu. Sekarang Pantai Boom lebih digalakkan sebagai destinasi wisata dan tempat festival-festival pada musim tertentu karena mudah diakses oleh masyarakat. Beberapa acara yang rutin diadakan di Pantai Boom ini adalah Beach Jazz Festival, Festival Gandrung Sewu, dan juga B-Fest. Pantai Boom memang tidak memiliki keindahan pasir putih dan ombak yang menawan, tapi suasana sore di sini cukup menenangkan dan layak untuk didatangi jika kamu berkesempatan datang ke Kota Banyuwangi.

Savana Sadengan

Taman Nasional Alas Purwo yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Banyuwangi tak hanya memiliki pantai-pantai cantik saja tapi juga sebuah padang savanna yang layak untuk dieksplorasi. Savana Sadengan berada di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo yang memiliki suasana asri alam liar seperti yang ada di Taman Nasional Baluran. Di Savana Sadengan ini kamu bisa menjumpai berbagai satwa liar seperti kijang, rusa, banteng, babi hutan, lutung, dan juga beragam jenis unggas. Pemkamungan terbaik untuk menjelajahi savanna Sadengan ini adalah di waktu pagi dan sore hari karena panorama cantiknya lebih terasa eksotis dan kamu tidak terlalu kepanasan di terjang terik matahari.

Pantai Sukamade

Setiap pantai di Kabupatn Banyuwangi memiliki keunikan tersendiri sehingga layak untuk kamu kunjungi semuanya. Seperti Pantai Sukamade yang terkenal dengan habitat penyu yang hidup di sini. Pantai Sukamade adalah tempat para penyu untuk bertelur dan melepaskan anak-anak penyu setiap paginya. Jika kamu termasuk orang yang peduli lingkungan dan hewan pastinya tak akan melewatkan kegiatan bersama penyu-penyu di Pantai Sukamade ini. Namun dikarenakan kawasan pantai ini masuk ke dalam wilayah konservasi penyu, kamu perlu tahu beberapa peraturan yang harus dipatuhi selama berada di pantai.

Baca juga: 10 gunung terindah di indonesia yang siap dijelajahi

Pantai Pulau Merah

Daya tarik dari Pantai Pulau Merah yang sering dicari adalah ombak setinggi 2 meter yang cocok dijadikan wahana berselancar. Jarang sekali ada pantai di Banyuwangi yang memiliki ombak yang tepat untuk melakukan olah raga selancar. Tak hanya ombak derasnya yang menderu-deru tapi juga pemkamungan alamnya yang indah. Laut biru dan pasir putih di Pantai Pulau Merah juga menjadi magnet dari pantai ini. Namun ada hal yang unik di pantai ini yaitu gundukan bukit yang berada beberapa puluh meter dari bibir pantai. Banyak yang bilang jika dilihat dari bukit tersebut, pasir yang ada di bibir pantai menjadi warna merah. Itulah sebabnya pantai ini dinamai Pantai Pulau Merah. Kamu ingin melihatnya dengan mata kepala sendiri?Ayo rencanakan liburan ke Banyuwangi setelah liburan di Bali.

Pantai Rajegwesi

Berada di dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri, Pantai Rajegwesi ini juga menjadi markas bagi para nelayan setempat untuk melakukan aktvitas melaut. Jadi jangan heran jika ada banyak perahu nelayan yang parkir di bibir pantai. Di sekitarnya juga terdapat hutan tropis yang teduh membuat suasana Pantai Rajegwesi ini semakin eksotis. Namun karena akses jalan yang kurang baik membuat pantai ini jarang didatangi oleh wisatawan lokal. Dari kejauhan kamu bisa melihat suasana biru dan hijau membalut suasana pantai dengan epik.

Air Terjun Lider

Beranjak ke daerah pegunungan di Kabupaten Banyuwangi kamu bisa menjelajahi Gunung Raung untuk menemukan Air Terjun Lider. Lakukan perjalanan sekitar 45 km dari Kota Banyuwangi kea rah Dusun Sragi, Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon, kamu harus naik ke lereng Gunung Raung di ketinggian 1.300 mdpl untuk bisa melihat keindahan air terjun setinggi 60 meter yang memukau mata ini. Suasan sejuk semakin terasa indah dengan deburan air terjun yang dikelilingi hutan lindung karena berada di Kawasan Resort Pengakuan Hutan Perhutan Sidomulyo. Sebuah perjalan seru ke lereng Gunung Raung untuk menikmati keindahan Air terjun Lider tentu tak akan membuat kamu kecewa.

Desa Wisata Osing

Kamu tak akan menyangka jika di Banyuwangi terdapat sebuah desa wisata yang unik. Desa Wisata Osing dihuni oleh sekelompok masyarakat yang memiliki adat istiadat yang unik dan hingga sekarang masih dilestarikan. Keunikan desa ini pun membuat pemerintah setempat mengukuhkannya menajdi cagar budaya dan desa wisata yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Desa Wisata Osing ini bisa ditemukan di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah. Suku Osing yang hidup di desa ini menjadi sebuah kekayaan budaya Indonesia yang layak untuk dilestarikan.

Itu dia 10 destinasi wisata alam yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi saat kamu berada di kabupaten Banyuwangi. Dari satu kabupaten ini, pastinya tidak cukup waktu sehari untuk menjelajahi semua destinasi wisata ini kan?

Baca juga: Nih! Beberapa Wisata Malang Paling Seru Yang Harus Kamu Ketahui

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *